0 comments

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah


Bibir adalah salah satu bagian kulit yang sangat sensitif dan sering pecah-pecah. Jika tidak segera ditangani bibir yang kering akan bertambah parah dan bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.
Bibir yang pecah-pecah ditandai dengan mengelupasnya lapisan tipis kulit bibir, bibir yang pecah-pecah memicu keluarnya darah, kemerahan dan peradangan pada bibir serta memberikan sensasi seperti terbakar.
Bibir tidak dapat membentuk pertahanan yang efektif untuk selalu melembabkannya karena lapisan kulit bibir sangat tipis. Sebagai tambahan, bibir tidak memiliki lapisan pelindung dari keringat dan minyak pada tubuh. Selain itu, bibir tidak bisa melembabkan sendiri seperti kulit pada bagian tubuh lainnya. Karena itu bibir menjadi sangat rentan untuk kering dengan cepat dan masalah bibir pecah-pecah akan berkembang dengan mudahnya.
Perawatan yang mudah untuk bibir kering atau pecah-pecah adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bertanggung jawab terhadap terjadinya bibir kering atau pecah-pecah, seperti dikutip dari Health-skin and care, Selasa (11/8/2009), yaitu:
  1. Napas melalui mulut, biasanya disebabkan oleh hidung yang tersumbat yang membuat bibir menjadi kering. Ini juga masalah khusus bagi orang-orang yang bernapas dengan mulut ketika tidur.
  2. Terkena elemen lingkungan yang berlebihan, seperti matahari, udara dingin, panas, atau kelembaban yang rendah.
  3. Mengkonsumsi makanan tetentu yang bisa mengeringkan kulit bibir.
  4. Menggigit bibir berulang-ulang.
  5. Menjilat bibir saat bibir sedang pecah-pecah, karena saliva akan mudah menguap dan memicu bibir kering.
  6. Merokok, efek dari merokok adalah membuat kulit menjadi kering.
  7. Reaksi alergi dari penggunan kosmetik.
Ketika pencegahan tidak cukup efektf untuk mengatasi bibir pecah-pecah, maka dibutuhkan perawatan lainnya untuk membantu. Mengelupaskan lapisan kulit yang mati dari permukaan bibir bukanlah perawatan yang efektif untuk bibir pecah-pecah, tapi justru bisa menyebabkan berdarah.
Untuk melembabkan bibir bisa dengan menggunakan lip balm atau pelembab bibir sebelum pergi tidur dan secara teratur sepanjang hari terutama di musim dingin. Menggunkan lip balm sebagai alas penggunaan lipstick sangat efektif untuk mencegah bibir pecah-pecah dan melindungi bibir dari zat kimia yang umumnya terdapat pada produk kosmetik.
Selain menggunakan lip balm, terdapat berbagai perawatan alami untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan menghambat bibir menjadi kering. Contoh perawatan bibir ini antara lain:
  1. Memijat bibir sebelum tidur dengan sedikit krim susu yang ditambahkan beberapa tetes air mawar dan jus jeruk atau limau.
  2. Mengoleskan sedikit mentega coklat untuk menjaga bibir tetap lembab sepanjang hari.
  3. Mengoleskan sedikit madu pada bibir, gula alami yang terkandung di madu akan menjaga kelembaban bibir.
  4. Memberi makanan pada bibir dan membuat pertahanan untuk melembabkan dengan menggunakan sayuran yang mengandung gliserin dan dicampur dengan vitamin E.
  5. Menghancurkan pepaya matang lalu dioleskan ke bibir dan kulit sekitarnya selama 10-15 menit, lalu bilas dan gunakan lip balm.
Mengatasi bibir yang pecah-pecah dengan cepat bisa mencegah berkembangnya masalah bibir lainnya yang lebih serius.
Sumber : detikHealth
 
Toggle Footer
Top