0 comments

Cara Menghilangkan Rasa Malas

MALAS memang salah satu penyakit yang sering hinggap pada kita, kadang ia datang di saat-saat yang sangat genting seperti dateline tugas atau ujian semester dan bahkan ketika ada rapat penting di perusahaan.


Ditinjau dari sisi psikologis, malas memang bukan penyakit fisik yang dapat terlihat secara kasat mata, bisa dikonsultasikan ke dokter lalu kita cari obatnya di Apotek.

MALAS adalah salah satu penyakit dalam yang berbahaya karena menyerang hati, pusat seluruh organ kita. Malas juga dapat disebut sebagai kelemahan mental, karena memang virus malas menyerang bagian penting dalam pergerakan hidup manusia, yaitu mental.


Dengan mental kita dapat bersemangat dan optimis menatap hidup, ketiadaannya akan membuat manusia terus berada dalam jurang pesimistis.


Tetntunya yang menjadi masalah adalah mengapa kita begitu malas? Sedangkan tugas kuliah atau pekerjaan kita masih menumpuk, satu kata yang mewakili yaitu
“JENUH“. Betul kan !?

Untuk itu mari kita hilangkan rasa malas dari dalam diri kita, dan kita wajib mengetahui kelemahan kita yang biasa diserang oleh rasa malas.


Malas bisa kita hindari ketika ia datang menyerang kemauan dan semangat kita, di bawah ini ada beberapa cara untuk mengalahkan rasa malas, yaitu :


Cara Mengalahkan Rasa Malas :


1. Membasuh muka atau mandi ketika kantuk menyerang.


2. Mengubah posisi duduk ketika membaca. Misalnya dari duduk berubah menjadi berdiri, namun disarankan jangan dari duduk terus berbaring bisa berbahaya atau bisa kebablasan tidur.


3. Berpindah dari ruang baca ke kamar yang lain. Kalau sebagai anak kos bisa disiasati, berpindah dari kamar kita ke beranda kos, ruang tamu atau bahkan bisa juga ke dapur.


4. Mengubah kegiatan monoton. Misal bosan menghafalkan surat berganti dengan membaca, jika membaca bosan bisa diganti dengan mendengarkan kajian lewat CD.


5. Berjalan-jalan sebentar di sekeliling rumah. Bisa diganti dengan kegiatan yang lain misalnya merapikan rak yang berantakan, atau kegiatan yang lain yang bisa menggerakkan otot-otot kita.


6. Berdiri membuat secangkir kopi, teh, susu atau juice untuk menghilangkan kebosanan dan menjernihkan akal.


7. Berbincang-bincang sebentar dengan keluarga atau teman sekos namun mengenai hal mubah bukan keharoman. Hati-hati jangan sampai lupa tujuan utama dalam berbincang-bincang yaitu untuk menumbuhkan semangat, bukan untuk ngobrol bahkan meng-ghibah.


8. Menghirup udara yang segar dengan cara berdiri di dekat jendela atau membuka jendela-jendela kamar lain untuk menambah kesegaran. Sebagai anak kos bisa disiasati dengan menciptakan aroma terapi, misalnya dengan menyemprot ruangan dengan wangi-wangian dan jika ada kipas angin, bisa menyetel kipas untuk menyebarkan wangi-wangian tersebut ke segala ruang. Karena mungkin tidak semua anak kos mempunyai jendela kamar.


Itulah beberapa tips agar kita bisa membuang rasa malas dari kegiatan sehari-hari kita. Akan tetapi yang paling utama jangan sampai kita lupa berdo’a agar TUHAN senantiasa memberi kita semangat dan agar menjauhkan diri kita dari penyakit malas tersebut.


Semoga
Cara Menghilngkan Rasa Malas ini bermanfaat bagi kita semua dalam melanjutkan pekerjaan kita yang tertunda.



sumber : http://nge-seo.blogspot.com/2013/01/cara-menghilangkan-rasa-malas.html
 
Toggle Footer
Top